Peta Persaingan Situs e-Commerce di Indonesia

Sumber: CNN Indonesia

Susetyo Dwi Prihadi, Rabu, 15/03/2017 13:28 WIB

Jakarta, CNN Indonesia — Beberapa tahun belakangan, Indonesia kebanjiran pelaku  e-Commerce. Mereka berlomba-lomba memikat pengguna internet tanah air yang memang belakangan mulai tumbuh.

Para pelaku e-Commerce itu datang dari beragam latar belakang baik dari dalam dan luar negeri dengan sokongan dana yang tak sedikit pula. Seiring waktu, e-commerce yang menjamur mulai mengerucut menciptakan daftar papan atas layanan tersebut.

Seperti data yang dikumpulkan oleh iPrice, situs aggregator online shoping, memperlihatkan bahwa Lazada dan Tokopedia terlibat persaingan sengit. Persaingan yang dimaksud dilihat dari jumlah pengunjung dan popularitas di media sosial.

Jumlah pengunjung 10 situs e-Commerce di Indonesia (CNN Indonesia/Laudy Gracivia)

“Untuk membuat datanya lebih terpercaya, kami melakukan verifikasi langsung ke semua toko online yang ada di list. Sehingga nantinya akan ada tanda khusus yang menunjukan bahwa data tersebut sudah di ‘verifikasi’ oleh mereka,” tulis pihak iPrice, melalui keterangan resminya.

Dari data yang dikumpulkan mulai November 2016 hingga Januari 2017, dari sisi jumlah pengguna, Lazada termasuk terbanyak yakni sebesar 49 juta visitor. Disusul kemudian, Tokopedia (39.666.666), Elevenia (32.666.666).

Foto: CNN Indonesia/Laudy Gracivia

Sekedar diketahui, untuk list e-commerce pihak iPrice mengambil dari situs resmi iDEA  dan tambahan 4 lainnya seperti Hijup, Ali Express, Qoo10 & 8wood.

“Kami tidak memasukan e-commerce dengan kategori Tiket, Reksa, Penyewaan, Asuransi, Pengantar Makanan, Kupon dan diskon, dan juga classified ads,” tambahnya.

Mengenai jumlah pengguna yang menginstal aplikasi, Lazada, Bukalapak dan Tokopedia masih terdepan dengan jumlah pengunduh mencapai 10 juta lebih.

(CNN Indonesia/Laudy Gracivia)

Jauh meninggalkan pesaing lainnya, seperti Elevina dan Blibli di posisi terdekat dengan jumlah pengunduh hanya sekitar 1 juta kali download.

Menyoal popularitas di media sosial, mereka juga bersaing ketat dalam menggaet jumlah pengikut. Namun, Blibli adalah situs yang paling banyak follower di Twitter dan Facebook.

Tiga besar situs e-Commerce dengan jumlah follower medsos terbanyak (CNN Indonesia/Laudy Gracivia)

Ada fakta menarik lainnya, Alfacart — dimiliki Alfamart sebagai situs paling muda mampu melesat dengan cepat dan mampu menyaingi Mataharimall dari segi pengunjung perbulan (Alfacart = 16 juta – Mataharimall = 18 juta)

 

Advertisements

About adedamayanti

.... ehm.....
Gallery | This entry was posted in Kom. Multimedia. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s